SYARAT DAN KETENTUAN
PENDAFTARAN APLIKASI LINE BANK by KEB Hana
I.
Definisi
a)
“AplikasiLINE Bank by KEB Hana” adalah aplikasi teknologi informasiyang dimiliki oleh Bank dalam rangka menyediakan, mengelola, dan mengoperasikanLINE Bank by KEB Hana berbasis teknologi informasi.
b) “
Bank”adalah PT Bank KEB Hana Indonesia, berkedudukan di Jakarta Selatan, yangterdiri dari kantor pusat, kantor cabang, serta berbagai bentuk kantor lainnya.
c) **“Data”**adalah nomor telepon yang digunakan olehPengguna pada saat melakukan registrasi.
d) “
LINEBank by KEB Hana” adalah produk/layanan perbankan digital yang dikeluarkanoleh Bank.
e) “
Pengguna”adalah individu atau perorangan yang melakukan registrasi di aplikasi LINE Bankby KEB Hana.
f)
“LineMessenger ID” adalah nama akun terdaftar pada aplikasi pengiriman pesanLINE.
g) **“Pendaftaran”**adalah proses yang harus dilakukan oleh Pengguna untuk dapat masuk sertamenikmati manfaat dari Aplikasi LINE Bank by KEB Hana.
h) “
One Time Password (OTP)” adalah kata sandi yang digunakan untuksatu sesi transaksi /login.
i)
“Jailbreak” adalahproses menghilangkan keterbatasan yang ditempatkan oleh produsen perangkatuntuk memungkinkan Pengguna untuk menginstal aplikasi pihak ketiga dari luartoko aplikasi.
j)
“Root” adalahsebuah proses untuk mengizinkan pengguna ponsel pintar, tablet, dan pirantilain yang berjalan pada sistem operasi Android untuk mendapatkan kontrol yanglebih tinggi pada berbagai subsistem Android
k) **“Biometrik”**adalah teknologi yang digunakan untuk menganalisis fisik dankelakuan manusia dalam autentifikasi, dalam hal ini pemindai sidik jari danpengenalan wajah.
l)
“Malware” adalah perangkatlunak berbahaya yang diciptakan untuk menyusup atau merusak sistem komputeratau jejaring komputer tanpa izin dari pemilik.
m)
“Firewall” adalahsuatu sistem yang dirancang untuk mencegah akses yang tidak diinginkan dariatau ke dalam suatu jaringan internal.
II.
KetentuanPendaftaran Aplikasi LINE Bank by KEB Hana
a) Pendaftaran disediakan kepada Penggunayang memenuhi syarat sebagai berikut:
i. Berusia 17 tahun atau lebih;
ii. Memiliki wewenang untuk mengambiltindakan hukum, menandatangani perjanjian mengikat dengan Bank dan tidakdilarang untuk melakukannya berdasarkan hukum yang berlaku; dan
iii. Warga Negara Indonesia.
b) Pendaftaran oleh Pengguna dilakukanmelalui Aplikasi LINE Bank by KEB Hana yang diunduh melalui App Store (IOS) danGoogle Play Store (Android) dengan mendaftarkan nomor telepon selular danmelakukan proses verifikasi OTP.
c) Sebagaiprasyarat, Pengguna wajib memberikan nomor telepon aktif miliknya sendiri yangmemiliki kemampuan untuk menerima pesan yang dikirim oleh Aplikasi LINE Bank byKEB Hana. Bank tidak bertanggung jawab atas keabsahan dan kepemilikan nomortersebut.
d) Pengguna juga dapat mengkoneksikandengan LINE Messenger ID yang dimiliki oleh pengguna.
e) Pengguna akan diminta untuk melakukan otorisasidengan menggunakan berbagai jenis informasi keamanan (misalnya PIN,OTP).
f) Pengguna memahami dan menyetujuimetode pengiriman OTP secara elektronik untuk keperluan otorisasi.
g) PastikanData yang Pengguna berikan adalah Data yang benar dan akurat.
h) Penggunawajib melakukan pengkinian melalui Aplikasi LINE Bank by KEB Hana apabilaterdapat perubahan Data. Dalam hal tidak adanya pengkinian, Bank akanmenggunakan Data Pengguna yang tercatat pada sistem Bank.
i) Penggunadengan ini setuju bahwa tidakmenggunakan Aplikasi LINE Bank by KEB Hana untuk penipuan atau hal lainnya yangmenyebabkan kerugian ataupihak lain.
j) PihakBank berhak menghapus data nasabah apabila dalam waktu 60 hari Pengguna tidakmelakukan pembukaan rekening LINE Bank.
k) Jikaada pertanyaan atau masukan mengenai LINE Bank, Layanan Pengguna (Call KEBHana) (1-500-021) siap membantu Pengguna 24/7. Melalui layanan ini, Penggunadengan ini mengijinkan Bank untuk merekam atau mencatat pembicaraan Penggunadengan Bank.
III.
Manfaatdan Risiko
a) Aplikasi LINE Bank by KEB Hana tersedia bagiPengguna untuk melakukan seluruh layanan transaksi keuangan dan non keuanganyang disediakan, kecuali untuk transaksi tunai.
b) Untukdapat menggunakan layanan transaksi keuangan dan
non keuangan yang disediakan, Pengguna diwajibkan untuk memilikirekening LINE Bank by KEB Hana terlebih dahulu.
c) Penggunadengan ini setuju bahwa Bank berhak untuk menghentikan sementara layananmelalui Aplikasi LINE Bank by KEB Hana dalam periode yang telah ditentukanuntuk tujuan pemeliharaan, dan tujuan lainnya yang dianggap sah oleh Bank,dengan memberikan pemberitahuan terlebih dahulu melalui media elektronikataupun dalam Aplikasi LINE Bank by KEB Hana pada Pengguna, dan tanpabertanggung jawab pada siapapun.
d) Penggunadengan ini setuju bahwa Bank memiliki hak mutlak untuk memperbaharui,memodifikasi, atau mengubah situs web atau perangkat lunak apapun (termasuk AplikasiLINE Bank by KEB Hana atau aplikasi lainnya) yang digunakan untuk mengakses LINEBank by KEB Hana sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan dan tanpa memberikan alasanapapun.
e) Penggunadengan ini setuju bahwa Bank berhak untuk tidak mendukung versi sebelumnya dariperangkat lunak (
mobile app) yang digunakan. Jika Pengguna gagal untukmemperbaharui perangkat lunak yang relevan atau menggunakan versi yangdisempurnakan, Bank tidak bertanggung jawab atas segala konsekuensi yangditimbulkannya.
f) Banktidak bertanggung-jawab atas penggunaan aplikasi LINE Bank by KEB Hana pada perangkat yang tidak didukung oleh aplikasi LINE Bank, termasuk namun tidak terbataspada perangkat yang di
jailbreak atau
root.
IV.
Keamanan
a) Bankmenyimpan kerahasiaan dan keamanan Data yang diberikan Pengguna. Penggunaan DataPengguna akan dilakukan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
b) Pengguna tidak diperbolehkan untukmeminjamkan/memberitahukan PIN kepada orang lain yang tidak berwenang termasukkaryawan atau petugas Bank.
c) Pengguna tidak diperkenankan untukmencatat/menyimpan PIN pada media kertas, telepon selular, atau media lainnyayang memungkinkan untuk diketahui oleh pihak lain.
d) Kerahasiaan atas PIN adalah sepenuhnyamenjadi tanggung jawab Pengguna dan hanya boleh digunakan oleh Pengguna dengannomor telepon yang terdaftar pada Aplikasi LINE Bank.
e) Jika Pengguna ingin mengubah PIN, makaPengguna dapat melakukannya langsung pada Aplikasi LINE Bank by KEB Hanasetelah melakukan verifikasi terlebih dahulu.
f) Informasikeamanan berupa PIN, OTP , dan Biometrik akan dibutuhkan untuk login dengantujuan otentikasi. Untuk tiap informasi keamanan yang akan ditentukan danditetapkan oleh Pengguna, Pengguna harus memastikan untuk menggunakan PIN yangkuat dan tidak memasukkan PIN yang mudah ditebak serta informasi diri sepertitanggal lahir. Penggunaan informasi tersebut akan dianggap sebagai KelalaianPengguna. Pengguna bertanggung jawab penuh terhadap keamanan dan kerahasiaanseluruh penggunaan Aplikasi LINE Bank by KEB Hana miliknya.
g) Untukdapat melakukan login menggunakan Biometrik dalam aplikasi, Pengguna harus:
i. menjadianggota Aplikasi LINE Bank by KEB Hana dan pengguna valid dari Aplikasi LINEBank,
ii. telahmengunduh Aplikasi LINE Bank by KEB Hana di ponsel pintar miliknya,
iii. mempunyaisetidaknya satu bentuk Biometrikyang terdaftar di ponselpintar.
h) JikaPengguna ingin melakukan login menggunakan Biometrik, Pengguna harusmengaktifkan layanan ini di saat awal login pertama atau melakukan pendaftaran Biometrikpada menu pengaturan setelah masuk ke dalam aplikasi LINE Bank.
i) Setelahfitur Biometrik diaktifkan, Pengguna dapat melakukan login denganmenggunakan pemindai Biometrik yangterdapat dalam ponsel pintar milik Pengguna.
j) Banktidak bertanggung jawab atas adanya penyalahgunaan dari pihak lain yang Biometrik nya turut terdaftardalam ponsel pintar milik Pengguna.
k) Penggunamengetahui dan menyetujui bahwa Bank tidak menanggung atau menjamin, baiksecara langsung maupun tidak langsung, terkait dengan penggunaan login Biometrik dan atauAplikasi LINE Bank, yang disebabkan oleh, namun tidak terbatas pada:
i. Tahapan
login menggunakan Biometrik atau AplikasiLINE Bank by KEB Hana telah memenuhi persyaratan; atau
ii.
Login menggunakan Biometrik atau Aplikasi LINEBank by KEB Hana akan selalu tersedia, dapat diakses ataupun berfungsi denganjaringan infrastruktur, sistem atau layanan lain yang Bank tawarkan dari waktuke waktu.
l) Banktidak bertanggung jawab atas segala kerugian yang dialami Pengguna sehubungandengan login Biometrik (baik secara sengaja atau tidak sengaja) ataumenggunakan Aplikasi LINE Bank, bahkan jika Bank telah memberitahukankemungkinan kerugian yang dialami, termasuk timbulnya kerugian dari:
i. Pelanggaranketentuan Bank terkait proses login menggunakan Biometrik Aplikasi LINE Bank.
ii. Terjadinyasuatu proses akses yang tidak terotorisasi dan/atau penggunaan dari perangkatelektronik secara tidak sah.
iii. Penggunaandalam segala bentuk oleh pihak lain terhadap informasi atau data yangberhubungan dengan Pengguna karena menggunakan login Biometrik Aplikasi LINEBank by KEB Hana dan/atau diperoleh dari penggunaan Pengguna ketika
Signin melalui Biometrik.
iv. Akseske Aplikasi LINE Bank by KEB Hana dengan login Biometrik oleh pihak lain selain Pengguna.
v. Segalakejadian diluar pengendalian Bank atau karena penggunaan yang tidak wajar;dan/atau terjadinya pemutusan atau penghentian pada saat login Biometrik atauAplikasi LINE Bank by KEB Hana.
m) Penggunabertanggung jawab atas akun yang digunakan pada Aplikasi LINE Bank by KEB Hanadan tidak diperkenankan dipindahtangankan kepada pihak lain dengan cara apapun.Segala akibat yang ditimbulkan akibat penyalahgunaan Akun menjadi tanggungjawabPengguna sepenuhnya.
n) Penggunabertanggung jawab untuk memperoleh dan menggunakan perangkat lunak dan/atauperalatan yang diperlukan, untuk dapat mengakses Aplikasi LINE Bank by KEB Hanadengan risiko yang ditanggung Pengguna.
o) Penggunajuga bertanggung jawab atas kinerja dan keamanan (termasuk tanpa batasanmengambil semua langkah yang diperlukan untuk mencegah penggunaan atau aksesyang tidak sah) dari setiap peralatan yang digunakan oleh Pengguna untukmengakses Aplikasi LINE Bank by KEB Hana.
p) Penggunaharus memastikan bahwa peralatan yang digunakan untuk mengakses Aplikasi LINEBank by KEB Hana bebas dari kegagalan elektronik, mekanik, data yang gagal atauterkorupsi, virus, gangguan dan/atau perangkat lunak yang berbahaya/tidakdiizinkan oleh penyedia layanan telekomunikasi, atau produsen atau vendor dariperalatan yang relevan. Ini termasuk:
i. Penggunaanperangkat mobile dengan perangkat lunak berupa anti-virus terbaru, anti
malware dan
firewall yangtersedia dan perangkat lunak yang digunakan secara teratur selalu diperbarui dandijalankan dengan
anti virus versi terbaru.
ii. Memastikan bahwaPengguna tidak melakukan
jailbreak, root atau memodifikasiperangkat
mobile dan/atau Peralatan lainnya, atau mengunduhaplikasi yang tidak diizinkan karena hal ini dapat membuat perangkat lebihrentan terhadap virus dan
malware.
q) Penggunamenyetujui bahwa Bank tidak bertanggung jawab atas kegagalan elektronik maupunmekanik, atau data yang terkorupsi, virus, gangguan dan/atau perangkat lunak yang berbahaya lainnyadari jenis apapun yang mungkin timbul dari layanan yang disediakan olehpenyedia layanan internet yang relevan atau informasi penyedia layanan.
r) Denganmelakukan pendaftaran Aplikasi LINE Bank, Pengguna memahami bahwa seluruhkomunikasi dan instruksi dari Pengguna yang diterima oleh Bank di kemudian hariakan diperlakukan sebagai bukti sah meskipun tidak dibuat dalam bentuk dokumentertulis atau diterbitkan dalam bentuk dokumen yang ditandatangani.
s) Bank akan memberikan informasi terkaitdengan adanya perubahan syarat dan ketentuan kepada Pengguna.