SYARAT DAN KETENTUAN
PENDAFTARAN APLIKASI LINE BANK BY HANA BANK
I.
Definisi
a) Aplikasi LINE Bank By Hana Bank adalah aplikasi teknologi informasi yang dimiliki oleh Bank dalam rangka menyediakan, mengelola, dan mengoperasikan LINE Bank By Hana Bank aplikasi perbankan digital berbasis teknologi informasi.
b) Bank adalah PT Bank KEB Hana Indonesia, berkedudukan di Jakarta Selatan, yang terdiri dari Kantor Pusat, Kantor-kantor Cabang, Kantor-kantor Cabang Pembantu, Kantor-kantor Kas serta berbagai bentuk kantor lainnya sesuai dengan ketentuan yang berlaku
c) Data adalah nomor telepon, alamat email dan ID LINE
Messenger yang digunakan oleh Pengguna pada saat melakukan registrasi.
d) Pengguna adalah individu atau perorangan yang melakukan registrasi di Aplikasi LINE Bank By Hana Bank.
e) Pendaftaran adalah proses yang harus dilakukan oleh Pengguna untuk dapat masuk serta menikmati manfaat dari Aplikasi LINE Bank By Hana Bank.
f)
Line Messenger ID adalah nama akun terdaftar pada aplikasi pengiriman pesan LINE.
g)
One Time Password (OTP) adalah kata sandi yang digunakan untuk satu sesi transaksi /
login.
h) Login Password adalah minimum 6 (enam) digit alfanumerik yang digunakan untuk akses masuk ke Aplikasi LINE Bank By Hana Bank.
i)
Jailbreak adalah proses menghilangkan keterbatasan yang ditempatkan oleh produsen perangkat untuk memungkinkan Pengguna untuk menginstal aplikasi pihak ketiga dari luar toko aplikasi.
j)
Root adalah sebuah proses untuk mengizinkan pengguna ponsel pintar, tablet, dan piranti lain yang berjalan pada sistem operasi Android untuk mendapatkan kontrol yang lebih tinggi pada berbagai subsistem Android.
k)
Biometrik adalah teknologi yang digunakan untuk menganalisis fisik dan kelakuan manusia dalam autentifikasi, dalam hal ini pemindai sidik jari dan pengenalan wajah.
l)
Malware adalah perangkat lunak berbahaya yang diciptakan untuk menyusup atau merusak sistem komputer atau jejaring komputer tanpa izin dari pemilik.
m)
Firewall adalah suatu sistem yang dirancang untuk mencegah akses yang tidak diinginkan dari atau ke dalam suatu jaringan internal.
II. Ketentuan Pendaftaran Aplikasi LINE Bank By Hana Bank
a) Pendaftaran disediakan kepada Pengguna yang memenuhi syarat sebagai berikut:
i. Warga Negara Indonesia;
ii. Usia 17 tahun atau lebih;
iii. Berwewenang untuk melakukan tindakan hukum, menandatangani perjanjian mengikat dengan Bank dan tidak dilarang untuk melakukannya berdasarkan hukum yang berlaku.
b) Pendaftaran oleh Pengguna dilakukan melalui Aplikasi LINE Bank By Hana Bank yang diunduh melalui
App Store (IOS) dan
Google Play Store (Android) dengan mendaftarkan nomor telepon selular aktif dan melakukan proses verifikasi OTP.
c) Sebagai prasyarat, Pengguna wajib memberikan nomor telepon aktif miliknya sendiri yang memiliki kemampuan untuk menerima pesan yang dikirim oleh Aplikasi LINE Bank By Hana Bank. Keabsahan dan kepemilikan nomor telpon yang didaftarkan menjadi tanggung jawab dari pengguna.
d) Pengguna akan diminta untuk melakukan otorisasi dengan menggunakan berbagai jenis informasi keamanan (misalnya Login Password, PIN transaksi, PIN kartu debit dan OTP)
e) Pengguna mengetahui, memahami segala risiko dan menyetujui metode pengiriman OTP secara elektronik untuk keperluan otorisasi.
f) Kebenaran dan keakuratan atas data yang diberikan menjadi tanggung jawab dari Pengguna.
g) Pengguna wajib melakukan pengkinian data melalui Aplikasi LINE Bank By Hana Bank apabila terdapat perubahan. Dalam hal tidak terdapat pengkinian maka Bank akan menggunakan Data Pengguna yang tercatat pada sistem Bank untuk media komunikasi dan tujuan komersil lainnya.
h) Pengguna dengan ini memahami dan menyetujui bahwa tidak akan menggunakan Aplikasi LINE Bank By Hana Bank untuk penipuan atau hal lainnya yang dilarang oleh hukum yang berlaku yang menyebabkan kerugian pada Bank atau pihak lain serta menggunakan aplikasi untuk keperluan pihak lain.
i) Pihak Bank berhak menghapus data pengguna pada sistem Aplikasi LINE Bank By Hana Bank dan menginformasikannya melalui media yang ditetapkan oleh Bank apabila dalam waktu 60 hari kalender sejak Pengguna melakukan pendaftaran tidak melakukan pembukaan rekening.
j) Jika terdapat pertanyaan atau informasi lebih lanjut mengenai Aplikasi LINE Bank By Hana Bank, Layanan Pengguna Call Hana 1-500-021 siap membantu Pengguna 24 jam dalam 7 hari. Melalui layanan ini, Pengguna dengan ini mengijinkan Bank untuk merekam atau mencatat pembicaraan Pengguna dengan Bank sebagaimana ketentuan yang berlaku.
III. Manfaat dan Risiko
a) Aplikasi LINE Bank By Hana Bank menyediakan layanan transaksi keuangan dan non keuangan untuk Nasabah yang telah memiliki rekening Bank.
b) Aplikasi LINE Bank By Hana Bank hanya dapat menyediakan layanan transaksi non keuangan untuk Pengguna yang belum memiliki rekening Bank.
c) Pengguna dengan ini setuju bahwa Bank berhak untuk menghentikan sementara layanan melalui Aplikasi LINE Bank By Hana Bank dalam periode yang telah ditentukan untuk tujuan pemeliharaan, dan tujuan lainnya yang dianggap sah oleh Bank, dengan memberikan pemberitahuan terlebih dahulu melalui media elektronik ataupun dalam Aplikasi LINE Bank By Hana Bank ataupun media lain yang ditentukan oleh Bank kepada Pengguna, dan tanpa bertanggung jawab pada siapapun.
d) Pengguna dengan ini setuju bahwa Bank memiliki hak mutlak untuk memperbaharui, memodifikasi, atau mengubah situs
web atau perangkat lunak apapun (termasuk Aplikasi LINE Bank By Hana Bank atau aplikasi lainnya) yang digunakan untuk mengakses Aplikasi LINE Bank By Hana Bank sewaktu-waktu dengan pemberitahuan melalui media yang ditentukan oleh Bank.
e) Pengguna dengan ini setuju bahwa Bank berhak untuk tidak mendukung versi sebelumnya dari perangkat lunak (
mobile app) yang digunakan. Jika Pengguna gagal untuk memperbaharui perangkat lunak yang relevan atau menggunakan versi yang disempurnakan, Bank tidak bertanggung jawab atas segala konsekuensi yang ditimbulkannya.
f) Bank tidak bertanggung-jawab atas penggunaan Aplikasi LINE Bank By Hana Bank pada perangkat yang tidak didukung oleh Aplikasi LINE Bank By Hana Bank, termasuk namun tidak terbatas pada perangkat yang di-
jailbreak atau
root.
IV. Keamanan
a) Bank menyimpan kerahasiaan dan keamanan data yang diberikan Pengguna. Penggunaan data Pengguna akan dilakukan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
b) Pengguna tidak diperbolehkan untuk meminjamkan/memberitahukan Password/PIN kepada orang lain yang tidak berwenang termasuk karyawan atau petugas Bank.
c) Pengguna tidak diperkenankan untuk mencatat/menyimpan Password/PIN pada media kertas, telepon selular, atau media lainnya yang memungkinkan untuk diketahui oleh pihak lain.
d) Kerahasiaan atas Password/PIN adalah sepenuhnya menjadi tanggung jawab Pengguna dan hanya boleh digunakan oleh Pengguna dengan nomor telepon yang terdaftar pada Aplikasi LINE Bank By Hana Bank.
e) Jika Pengguna ingin mengubah Password/PIN, maka Pengguna dapat melakukannya langsung pada Aplikasi LINE Bank By Hana Bank setelah melakukan verifikasi terlebih dahulu.
f) Informasi keamanan berupa Password, PIN, OTP, dan biometrik akan dibutuhkan untuk
login dengan tujuan otentikasi. Untuk tiap informasi keamanan yang akan ditentukan dan ditetapkan oleh Pengguna, Pengguna harus memastikan untuk menggunakan Password/PIN yang kuat dan tidak memasukkan Password/PIN yang mudah ditebak serta informasi diri seperti tanggal lahir. Penggunaan informasi tersebut akan dianggap sebagai Kelalaian Pengguna. Pengguna bertanggung jawab penuh terhadap keamanan dan kerahasiaan seluruh penggunaan Aplikasi LINE Bank By Hana Bank miliknya.
g) Untuk dapat melakukan
login menggunakan biometrik dalam Aplikasi, Pengguna harus:
i. menjadi anggota Aplikasi LINE Bank By Hana Bank dan pengguna valid dari Aplikasi LINE Bank By Hana Bank,
ii. telah mengunduh Aplikasi LINE Bank By Hana Bank di ponsel pintar miliknya,
iii. mempunyai setidaknya satu bentuk biometrik
yang terdaftar di ponsel pintar.
h) Jika Pengguna ingin melakukan
login menggunakan biometrik, Pengguna harus mengaktifkan layanan ini di saat awal
login pertama atau melakukan pendaftaran biometrik pada menu pengaturan setelah masuk ke dalam aplikasi LINE Bank By Hana Bank.
i) Setelah fitur biometrik diaktifkan, Pengguna dapat melakukan
login dengan menggunakan pemindai biometrik yang terdapat dalam ponsel pintar milik Pengguna.
j) Bank tidak bertanggung jawab atas adanya penyalahgunaan dari pihak lain yang biometrik nya turut terdaftar dalam ponsel pintar milik Pengguna.
k) Pengguna mengetahui dan menyetujui bahwa Bank tidak menanggung atau menjamin, baik secara langsung maupun tidak langsung, terkait dengan penggunaan
login biometrik
dan atau Aplikasi LINE Bank By Hana Bank, yang disebabkan oleh, namun tidak terbatas pada:
i. Tahapan
login menggunakan biometrik
atau Aplikasi LINE Bank By Hana Bank telah memenuhi persyaratan; atau
ii.
Login menggunakan biometrik atau Aplikasi LINE Bank By Hana Bank akan selalu tersedia, dapat diakses ataupun berfungsi dengan jaringan infrastruktur, sistem atau layanan lain yang Bank tawarkan dari waktu ke waktu.
l) Bank tidak bertanggung jawab atas segala kerugian yang dialami Pengguna sehubungan dengan
login biometrik (baik secara sengaja atau tidak sengaja) atau menggunakan Aplikasi LINE Bank By Hana Bank, bahkan jika Bank telah memberitahukan kemungkinan kerugian yang dialami, termasuk timbulnya kerugian dari:
i. Pelanggaran ketentuan Bank terkait proses
login menggunakan biometrik Aplikasi LINE Bank By Hana Bank.
ii. Terjadinya suatu proses akses yang tidak terotorisasi dan/atau penggunaan dari perangkat elektronik secara tidak sah.
iii. Penggunaan dalam segala bentuk oleh pihak lain terhadap informasi atau data yang berhubungan dengan Pengguna karena menggunakan
login biometrik Aplikasi LINE Bank By Hana Bank dan/atau diperoleh dari penggunaan Pengguna ketika
Sign in melalui biometrik.
iv. Akses ke Aplikasi LINE Bank By Hana Bank dengan
login biometrik oleh pihak lain selain Pengguna.
v. Segala kejadian diluar pengendalian Bank atau karena penggunaan yang tidak wajar, dan/atau terjadinya pemutusan atau penghentian pada saat login biometrik atau Aplikasi LINE Bank By Hana Bank.
m) Pengguna bertanggung jawab atas akun yang digunakan pada Aplikasi LINE Bank By Hana Bank dan tidak diperkenankan dipindahtangankan kepada pihak lain dengan cara apapun. Segala akibat yang ditimbulkan akibat penyalahgunaan Akun menjadi tanggungjawab Pengguna sepenuhnya.
n) Pengguna bertanggung jawab untuk memperoleh dan menggunakan perangkat lunak dan/atau peralatan yang diperlukan, untuk dapat mengakses Aplikasi LINE Bank By Hana Bank dengan risiko yang ditanggung Pengguna.
o) Pengguna juga bertanggung jawab atas kinerja dan keamanan (termasuk tanpa batasan mengambil semua langkah yang diperlukan untuk mencegah penggunaan atau akses yang tidak sah) dari setiap peralatan yang digunakan oleh Pengguna untuk mengakses Aplikasi LINE Bank By Hana Bank.
p) Pengguna memberikan kuasa kepada Bank bahwa demi keamanan, Bank berhak memblokir akses Pengguna ke dalam Aplikasi LINE Bank By Hana Bank apabila terdapat kesalahan Password/PIN sebanyak 5 (lima) kali pada saat mengakses atau melakukan transaksi ataupun karena hal-hal lain yang menurut pertimbangan Bank patut diduga dapat menimbulkan kerugian bagi Pengguna.
q) Pengguna harus memastikan bahwa peralatan yang digunakan untuk mengakses Aplikasi LINE Bank By Hana Bank bebas dari kegagalan elektronik, mekanik, data yang gagal atau terkorupsi, virus, gangguan dan/atau perangkat lunak yang berbahaya/tidak diizinkan oleh penyedia layanan telekomunikasi, atau produsen atau vendor dari peralatan yang relevan. Ini termasuk:
i. Penggunaan perangkat mobile dengan perangkat lunak berupa anti-virus terbaru, anti-
malware dan
firewall yang tersedia dan perangkat lunak yang digunakan secara teratur selalu diperbarui dan dijalankan dengan anti-virus versi terbaru.
ii. Memastikan bahwa Pengguna tidak melakukan
jailbreak, root atau memodifikasi perangkat
mobile dan/atau Peralatan lainnya, atau mengunduh aplikasi yang tidak diizinkan karena hal ini dapat membuat perangkat lebih rentan terhadap virus dan
malware.
r) Pengguna menyetujui bahwa Bank tidak bertanggung jawab atas kegagalan elektronik maupun mekanik, atau data yang terkorupsi, virus, gangguan dan/atau perangkat lunak yang berbahaya lainnya dari jenis apapun yang mungkin timbul dari layanan yang disediakan oleh penyedia layanan internet yang relevan atau informasi penyedia layanan.
s) Dengan melakukan pendaftaran Aplikasi LINE Bank By Hana Bank, Pengguna memahami bahwa seluruh komunikasi dan instruksi dari Pengguna yang diterima oleh Bank di kemudian hari akan diperlakukan sebagai bukti sah meskipun tidak dibuat dalam bentuk dokumen tertulis atau diterbitkan dalam bentuk dokumen yang ditandatangani.
t) Segala bentuk penyalahgunaan yang timbul atau diakibatkan (termasuk kesalahan dalam melakukan transaksi) oleh Pengguna menjadi tanggungjawab dari Pengguna
u) Bank akan memberikan informasi melalui media yang ditentukan oleh Bank terkait dengan adanya perubahan syarat dan ketentuan kepada Pengguna, selambat lambatnya 30 hari kerja sebelum perubahan efektif berlaku.