A. Definisi
-
LINE Bank by Hanabank adalah salah satu layanan digital milik PT Bank KEB Hana Indonesia (yang selanjutnya disebut “Bank”).
-
LINE Bank Direct Debit adalah fasilitas pembayaran di e-commerce yang bekerjasama dengan LINE Bank dengan menggunakan nomor rekening sebagai sumber dana / source of fund dan kode OTP sebagai validasi.
-
Rekening yang dapat digunakan sebagai sumber dana untuk melakukan pembayaran transaksi melalui LINE Bank Direct untuk saat ini hanya rekening tabungan LINE Bank.
-
Pengguna LINE Bank Direct Debit adalah nasabah pemegang rekening tabungan LINE Bank.
-
Merchant adalah pengusaha yang menjual/menawarkan produk dan atau jasanya melalui situs online ataupun offline yang bekerja sama dengan LINE Bank dalam menerima pembayaran melalui LINE Bank Direct Debit dan terpasang logo LINE Bank pada halaman atau premise merchant.
-
Transaksi adalah transaksi elektronik untuk pembelian produk dan atau jasa yang dilakukan oleh pengguna LINE Bank Direct Debit melalui situs online maupun offline milik merchant yang bekerja sama dengan LINE Bank.
B. Registrasi LINE Bank Direct Debit
Tahap ini merupakan tahap awal proses pengaktifan dan pengikatan rekening sumber (tabungan LINE Bank) dana dengan layanan LINE Bank Direct Debit. Adapun cara untuk proses
binding
adalah sebagai berikut:
-
Untuk pendaftaran atau binding nomor rekening pada sebuah merchant, Pengguna LINE Bank Direct Debit wajib memasukan nomor rekening dan nomor handphone yang terdaftar dalam sistem bank, beserta PIN Transaksi LINE Bank.
-
Bank akan melakukan validasi dan mengirimkan kode OTP ke nomor handphone yang terdaftar dalam sistem Bank.
-
OTP kemudian akan divalidasi oleh Bank dan apabila sukses, nomor rekening akan terdaftar pada LINE Bank direct pada merchant tersebut.
-
Setelah proses binding berhasil dilakukan pada mitra merchant LINE Bank, untuk pembelian kedua dan seterusnya, pengguna tidak perlu lagi melakukan pendaftaran atau binding, hanya perlu melakukan pemilihan nomor rekening yang sudah terdaftar ( Binded ).
C. Pembayaran dengan LINE Bank Direct Debit
Tahap ini merupakan tahap berikutnya setelah melakukan proses registrasi, yaitu melakukan pembayaran atas transaksi pada merchant. Adapun cara untuk pembayaran adalah sebagai berikut:
-
Lakukan transaksi pada merchant sampai pada tahap check-out.
-
Pengguna memilih LINE Bank Direct Debit sebagai opsi pembayaran.
-
Pilih nomor rekening yang sudah berhasil didaftarkan sebelumnya.
-
Input kode OTP yang dikirimkan oleh LINE Bank pada halaman pembayaran.
-
OTP kemudian akan divalidasi oleh LINE Bank dan apabila sukses, maka proses pembayaran akan dilanjutkan pada Bank.
-
Notifikasi transaksi berhasil akan ditampilkan.
Hal-hal lain yang perlu diperhatikan oleh pengguna LINE Bank Direct Debit adalah, sebagai berikut:
-
Menggunakan nomor handphone yang aktif dan terdaftar pada sistem LINE Bank.
-
Menggunakan nomor rekening yang masih aktif dan terdaftar pada LINE Bank.
-
Menjaga kerahasian Kode OTP dan tidak disebarkan ke pihak lain.
-
Pembayaran akan dilakukan dalam mata uang rupiah (IDR).
-
Limit pembayaran transaksi adalah maksimal sebesar Rp10.000.000,00 (sepuluh juta rupiah) per hari dan per transaksi. Keberlakuan limit tetap memperhatikan:
-
Pembatasan nilai nominal Transaksi;
-
Ketersediaan saldo di rekening sumber dana pembayaran transaksi atau limit rekening LINE Bank yang digunakan untuk melakukan pembayaran transaksi.
-
LINE Bank atas pertimbangannya sendiri berhak mengubah limit pembayaran transaksi tersebut di atas, dengan memberitahukan terlebih dahulu perubahan kepada Nasabah dalam waktu 30 hari kerja sebelum perubahan berlaku efektif, dalam bentuk dan melalui sarana apapun.
-
LINE Bank berhak untuk menolak pembayaran transaksi melalui LINE Bank Direct Debit apabila:
-
Data yang diinput Pengguna LINE Bank Direct Debit tidak valid;
-
Pengguna LINE Bank Direct Debit yang terkoneksi dengan rekening Pengguna LINE Bank Direct Debit yang didaftarkan pada LINE Bank Direct Debit tidak dapat digunakan untuk bertransaksi sesuai ketentuan yang berlaku di LINE Bank;
-
Rekening sumber dana yang terdaftar pada LINE Bank Direct Debit dormant atau terblokir;
-
Saldo rekening sumber dana yang terdaftar pada LINE Bank Direct Debit tidak mencukupi;
-
Limit harian transaksi rekening LINE Bank tidak mencukupi;
-
Transaksi melampaui limit yang ditentukan Merchant;
-
Jenis rekening yang dipilih untuk melakukan transaksi tidak diterima oleh Merchant maupun Bank
-
Dilakukan pada kategori merchant yang terlarang.
-
Pengguna wajib memastikan atas kebenaran data dan informasi yang disampaikan atas penggunaan layanan Line Bank Direct Debit dan membebaskan Bank dalam hal data dan informasi yang disampaikan tidak benar, akurat dan terkini.
-
Ketentuan keluhan akan mengikuti ketentuan transaksi yang telah ditentukan oleh merchant dan LINE Bank.
-
Pengembalian dana atau Refund yang akan menjadi tanggung jawab merchant atau Bank merupakan diskresi Merchant atau Bank untuk ditindaklanjuti dan dilakukan investigasi lebih lanjut.
-
Pengaduan atau keluhan pengguna LINE Bank Direct Debit akan ditangani dan atau dihubungi kembali oleh pihak Bank ataupun Merchant sesuai dengan SLA antara merchant dan Bank.
-
Melakukan proses unlink apabila terdapat nomor rekening yang tidak ingin digunakan sebagai sumber dana dalam transaksi dengan LINE Bank Direct Debit. Adapun proses unlink sebagai berikut:
-
Klik menu unlink merchant pada aplikasi LINE Bank.
-
Pilih merchant yang akan di- unlink.
-
Konfirmasi unlink.
D. Pembuktian
-
Pengguna LINE Bank Direct Debit menyetujui bahwa setiap data dan instruksi yang dikirimkan oleh Pengguna LINE Bank Direct Debit yang tersimpan dalam database LINE Bank dalam bentuk apapun dan komunikasi yang ditransmisi secara elektronik antara LINE Bank dan Pengguna LINE Bank Direct Debit merupakan data yang benar dan merupakan alat bukti yang sah atas instruksi dari Pengguna LINE Bank Direct Debit kepada LINE Bank meskipun tidak dibuat dokumen tertulis maupun dikeluarkan dokumen yang ditandatangani, kecuali Pengguna LINE Bank Direct Debit dapat membuktikan sebaliknya.
-
Pengguna LINE Bank Direct Debit menyetujui bahwa setiap instruksi yang diterima dan berhasil diproses oleh LINE Bank merupakan instruksi yang sah dari Pengguna LINE Bank Direct Debit. LINE Bank tidak berkewajiban untuk melakukan verifikasi apakah pihak yang memberikan instruksi adalah Pengguna LINE Bank Direct Debit yang benar, menilai atau membuktikan ketepatan maupun kelengkapan instruksi dimaksud. Setiap instruksi yang diterima oleh LINE Bank tersebut sah mengikat dan menjadi tanggung jawab Pengguna LINE Bank Direct Debit sepenuhnya, kecuali Pengguna LINE Bank Direct Debit dapat membuktikan sebaliknya.
E. Keamanan Akun dan Data Pengguna LINE Bank Direct Debit
Pengguna LINE Bank Direct Debit wajib menjaga keamanan data antara lain dengan cara:
-
Tidak memberitahukan kode OTP kepada orang lain untuk mendapatkan hadiah atau untuk tujuan apapun termasuk kepada anggota keluarga, kerabat, karyawan LINE Bank, dan atau Merchant.
-
Tidak menuliskan kode OTP pada meja, terminal atau menyimpannya dalam bentuk tertulis atau pada aplikasi komputer atau handphone atau sarana penyimpanan lainnya yang memungkinkan untuk diketahui oleh orang lain.
-
Kode OTP harus digunakan dengan hati-hati agar tidak terlihat dan tidak dapat diakses oleh orang lain.
-
Menggunakan komputer atau perangkat elektronik pribadi dalam mengakses LINE Bank Direct Debit.
-
Jika Pengguna LINE Bank Direct Debit sudah tidak menggunakan nomor telepon selular (handphone) yang sebelumnya didaftarkan pada saat registrasi LINE Bank Direct Debit, Pengguna LINE Bank Direct Debit wajib melakukan unlink pada merchant yang sudah terhubung dan melakukan penggantian nomor telepon selular pada bank untuk menghindari potensi kerugian bagi Pengguna LINE Bank Direct Debit yang timbul akibat penyalahgunaan nomor handphone Pengguna LINE Bank Direct Debit. Segala transaksi yang dilakukan sebelum Pengguna LINE Bank Direct Debit menutup Akun LINE Bank Direct Debit menjadi tanggung jawab Pengguna LINE Bank Direct Debit sepenuhnya. Untuk dapat kembali menggunakan LINE Bank Direct Debit, Pengguna LINE Bank Direct Debit wajib melakukan pendaftaran atau binding ulang.
-
Pengguna LINE Bank Direct Debit bertanggung jawab sepenuhnya atas segala instruksi yang dilakukan sebelum Pengguna LINE Bank Direct Debit melakukan unlink . Dengan ini Pengguna LINE Bank Direct Debit membebaskan LINE Bank dari segala macam tuntutan, gugatan, dan atau tindakan hukum lainnya dari pihak manapun terkait dengan dijalankannya instruksi dimaksud.
-
LINE Bank berhak untuk tidak mengirimkan Kode OTP apabila Pengguna LINE Bank Direct Debit salah memasukkan Kode OTP sampai jumlah tertentu.
-
Demi keamanan Pengguna LINE Bank Direct Debit, LINE Bank berhak untuk memblokir Akun LINE Bank Direct Debit, rekening Pengguna LINE Bank Direct Debit, dan atau nomor handphone Pengguna LINE Bank Direct Debit yang terdaftar apabila Pengguna LINE Bank Direct Debit salah memasukkan data sampai dengan jumlah tertentu ataupun jika pihak Bank menganggap adanya aktivitas mencurigakan dari pengguna.
-
OTP yang dikirimkan LINE Bank hanya dapat digunakan untuk 1 (satu) kali transaksi selama sesi transaksi berlangsung. Setelah OTP digunakan atau sesi dimaksud berakhir, OTP yang telah dikirimkan sebelumnya dan sudah digunakan tidak dapat digunakan kembali. Jika Pengguna LINE Bank Direct Debit hendak mengulang transaksi yang dimaksud, Pengguna LINE Bank Direct Debit wajib memasukkan kode OTP yang baru.
F. Pemblokiran Akun LINE Bank Direct Debit
-
Akun LINE Bank Direct Debit akan diblokir dalam jangka waktu tertentu, jika pengguna LINE Bank Direct Debit salah memasukkan OTP sebanyak 3 (tiga) kali berturut-turut pada saat melakukan pembayaran transaksi dan pada saat registrasi.
-
Permintaan untuk unlink merchant dapat dilakukan dengan menghubungi call Hana 1500021.
G. Nomor Rekening dan Nomor Handphone
-
Nomor telepon selular (handphone) yang diinput oleh pengguna LINE Bank Direct Debit pada saat registrasi LINE Bank Direct Debit akan divalidasi pada sistem dan digunakan oleh LINE Bank untuk mengirim kode OTP.
-
Pengguna LINE Bank Direct Debit tidak akan dikenakan biaya Short Message Service (SMS) oleh operator telepon seluler (handphone) setiap kali menerima informasi transaksi, kode OTP, dan atau informasi lainnya yang dikirimkan oleh LINE Bank ke nomor telepon seluler (handphone) pengguna LINE Bank Direct Debit.
-
LINE Bank tidak bertanggung jawab atas kebenaran nomor rekening maupun nomor telepon selular (handphone) yang didaftarkan oleh Pengguna LINE Bank Direct Debit.
-
Pengguna LINE Bank Direct bertanggung jawab sepenuhnya atas segala akibat yang timbul sehubungan dengan:
-
Pengiriman informasi transaksi dan atau kode OTP ke nomor telepon selular (handphone) dan pengiriman informasi lainnya terkait dengan penggunaan LINE Bank Direct Debit.
-
Kegagalan pengiriman informasi transaksi dan atau kode OTP ke nomor telepon seluler (handphone) maupun kegagalan pengiriman informasi lainnya terkait dengan penggunaan LINE Bank Direct Debit ke nomor telepon seluler (handphone) yang didaftarkan oleh pengguna LINE Bank Direct Debit yang bukan disebabkan kesalahan LINE Bank.
-
LINE Bank tidak bertanggung jawab atas kerahasiaan dan atau penyalahgunaan segala informasi dan atau data yang dikirim oleh LINE Bank terkait dengan setiap transaksi yang dilakukan melalui LINE Bank Direct Debit setelah informasi dan atau data tersebut dikirimkan keluar dari sistem LINE Bank.
H. Pendebetan Rekening
-
LINE Bank berhak untuk membebankan biaya atas penggunaan LINE Bank Direct Debit oleh Pengguna LINE Bank Direct Debit.
-
LINE Bank berhak atas pertimbangannya sendiri untuk sewaktu-waktu mengubah dan atau menambah biaya-biaya yang dibebankan kepada Pengguna LINE Bank Direct Debit yang akan diberitahukan kepada Pengguna LINE Bank Direct Debit dalam bentuk dan melalui sarana apapun.
-
Pengguna LINE Bank Direct Debit dengan ini memberikan kuasa kepada LINE Bank untuk mendebet rekening Pengguna LINE Bank Direct Debit di LINE Bank untuk keperluan pemrosesan transaksi yang dilakukan oleh pengguna LINE Bank Direct Debit serta untuk pemenuhan kewajiban-kewajiban Pengguna LINE Bank Direct Debit lainnya yang timbul sehubungan dengan transaksi dan atau penggunaan LINE Bank Direct Debit oleh pengguna LINE Bank Direct Debit, yang cukup dibuktikan antara lain dengan invoice, bukti pengiriman, atau log transaksi.
I. Pengakhiran Penggunaan LINE Bank Direct Debit
Penggunaan LINE Bank Direct Debit berakhir apabila:
-
Pengguna LINE Bank Direct Debit melakukan penutupan rekening LINE Bank;
-
Rekening LINE Bank ditutup oleh LINE Bank atas pertimbangan tertentu;
-
Atas pertimbangan tertentu LINE Bank menghentikan penggunaan LINE Bank Direct Debit;
-
Adanya ketentuan hukum yang membatasi dan atau melarang pemberian LINE Bank Direct Debit.
J. Force Majeure
LINE Bank tidak bertanggung jawab atas segala akibat yang timbul sehubungan keterlambatan dan atau tidak dapat dilaksanakannya instruksi dari Pengguna LINE Bank Direct Debit oleh LINE Bank baik sebagian maupun seluruhnya karena kejadian-kejadian atau sebab-sebab di luar kekuasaan atau kemampuan LINE Bank (force majeure), namun tidak terbatas pada bencana alam, perang, huru-hara, tidak berfungsinya peralatan dan sistem, gangguan pada transmisi, gangguan listrik, gangguan telekomunikasi, dan kebijakan pemerintah. Pengguna LINE Bank Direct Debit dengan ini membebaskan LINE Bank dari segala tuntutan, gugatan, dan atau tindakan hukum lainnya terkait dengan keterlambatan dan atau tidak dapat dilaksanakannya instruksi Pengguna LINE Bank Direct Debit yang disebabkan karena peristiwa force majeure.
K. Lain-lain
Pengguna LINE Bank Direct Debit memahami sepenuhnya bahwa:
-
Produk dan atau jasa yang pembayarannya dilakukan menggunakan LINE Bank Direct bukan merupakan produk dan atau jasa LINE Bank. Segala sesuatu yang berkaitan dengan produk dan jasa yang ditawarkan melalui situs Merchant seperti kualitas, harga, penyerahan dan pengiriman produk dan jasa merupakan tanggung jawab Merchant sepenuhnya. Segala perselisihan yang timbul sehubungan dengan transaksi adalah di luar tanggung jawab LINE Bank dan wajib diselesaikan oleh Pengguna LINE Bank Direct Debit dengan Merchant.
-
Kebenaran informasi yang tercantum pada situs Merchant merupakan tanggung jawab Merchant sepenuhnya.
-
Pengguna LINE Bank Direct Debit dengan ini membebaskan LINE Bank dari segala macam tuntutan, gugatan, atau tindakan hukum lainnya dalam bentuk apapun dan dari pihak manapun termasuk dari Pengguna LINE Bank Direct Debit sendiri terkait dengan produk dan atau jasa yang ditawarkan melalui situs Merchant.
-
Pengguna LINE Bank Direct Debit telah memahami sepenuhnya isi dari Syarat dan Ketentuan LINE Bank Direct Debit PT Bank KEB Hana Indonesia ini ("Syarat dan Ketentuan").
-
LINE Bank setiap saat berhak untuk mengubah, melengkapi atau mengganti Syarat dan Ketentuan ini yang akan diberitahukan oleh LINE Bank kepada Pengguna LINE Bank Direct Debit dalam bentuk dan melalui sarana apapun.
-
Dengan menggunakan LINE Bank Direct Debit, Pengguna LINE Bank Direct Debit setuju untuk tunduk dan terikat pada Syarat dan Ketentuan, Kebijakan Privasi dan Pengamanan, maupun prosedur lainnya yang berlaku di LINE Bank yang mengatur mengenai pemberian LINE Bank Direct Debit, termasuk setiap perubahan Syarat dan Ketentuan, Kebijakan Privasi dan Pengamanan, maupun prosedur yang akan diberitahukan oleh LINE Bank kepada Pengguna LINE Bank Direct Debit dalam bentuk dan melalui sarana apapun.
-
Apabila timbul perselisihan sehubungan dengan penafsiran dan pelaksanaan dari Syarat dan Ketentuan ini, LINE Bank dan Pengguna LINE Bank Direct Debit sepakat untuk menyelesaikan perselisihan dimaksud secara musyawarah untuk mencapai mufakat.
-
Apabila perselisihan tidak dapat diselesaikan secara musyawarah, LINE Bank dan Pengguna LINE Bank Direct Debit dengan ini sepakat untuk menyelesaikan perselisihan dimaksud melalui Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, dengan tidak mengurangi hak LINE Bank untuk mengajukan gugatan atau tuntutan melalui Pengadilan Negeri lainnya dalam wilayah Republik Indonesia.